Ukuran Sukses Membaca  

saya jadi berpikir, apa sih sebenarnya ukuran sukses dari membaca ? Apakah ukurannya adalah seberapa cepat kita menghabiskan suatu buku ? Kalau seperti itu berarti orang yang bisa membaca paling cepat bisa disebut sebagai orang yang paling sukses dalam membaca. Atau mungkin ukurannya adalah kemampuan untuk memilih buku yang tepat ?

Setelah saya pikir-pikir, menurut saya ukuran sukses dari membaca adalah nilai ide yang dihasilkan per satuan waktu. Orang yang sukses dalam membaca adalah orang yang bisa mendapatkan nilai ide sebanyak mungkin dari waktu membacanya. Mengapa saya memakai istilah nilai ide dan bukan jumlah ide ? Sebab setiap ide berbeda-beda kualitasnya. Ada ide yang kualitasnya tinggi dan ada juga yang rendah. Istilah jumlah ide hanya mengacu ke kuantitas ide, sedangkan istilah nilai ide mengacu baik ke kuantitas maupun kualitas ide. Kalau dirumuskan:

Nilai ide = Kualitas ide 1 + Kualitas ide 2 + … + Kualitas ide n , di mana n adalah kuantitas ide yang didapatkan.

Misal kualitas ide bisa diukur dalam skala 0-100. Kalau saya mendapatkan tiga ide dengan kualitas 50,70, dan 80, maka total nilai ide yang saya peroleh adalah 200. Dari titik ini saya bisa bergerak lebih jauh lagi untuk mengukur efektivitas membaca, yaitu dengan membagi nilai ide yang diperoleh dengan jumlah waktu yang diinvestasikan. Rumusnya menjadi:

Efektivitas membaca = Nilai ide / Waktu

Kalau melihat perbandingan di bidang ekonomi, efektivitas membaca bisa disamakan dengan ROI (return on investment), yaitu ukuran banyaknya hasil yang diperoleh dari investasi yang dilakukan. Hanya bedanya di sini investasinya berupa waktu dan hasilnya berupa ide.

Dengan pengertian ini, tujuan saya membaca saat ini adalah mendapatkan nilai ide sebesar mungkin untuk waktu yang diberikan. Tidak penting lagi apakah saya membaca buku itu secara urut atau acak, secara lengkap atau sebagian, atau berbagai cara lainnya. Yang penting hanya satu saja: bagaimana mendapatkan nilai ide sebanyak mungkin untuk waktu yang diberikan.

[get this widget]

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar